Berbagai Manfaat Jahe untuk Kesehatan || Ahli Ortotis Prostetis

Ahli Ortotis Prostetis — Jahe sering digunakan sebagai penghangat tubuh ketika cuaca dingin, namun jutaan orang tidak menyadari kalau ada manfaat yang lebih besar daripada sekedar menghangatkan tubuh! Terdapat 80 kalori yang terdiri dari 84 persen karbohidrat, 9 persen protein, dan 8 persen lemak di dalam 100 gram jahe. Jahe juga mengandung vitamin B, C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, dan zink.

Jahe gajah, jahe kuning dan jahe merah adalah tiga jahe yang paling sering dikonsumsi. Jahe gajah yang paling diminati di pasar intenasional, jahe kuning yang sering digunakan sebagai bumbu masakan dan paling sering dikonsumsi di Indonesia, sedangkan jahe merah yang memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan paling pedas, sehingga cocok digunakan sebagai bahan dasar farmasi maupun ramuan jamu.

Dengan begitu banyaknya kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, jahe diyakini memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh, berikut adalah manfaat jahe bagi kesehatan tubuh :

  1. Mengatasi mual dan muntah

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe dapat mengatasi rasa mual dan muntah, khususnya pada pasien HIV/AIDS yang sedang mengonsumsi obat antiretroviral. Konsumsi jahe dapat dilakukan 30 menit sebelum konsumsi obat tersebut dan dapat diterapkan selama 14 hari.

Pada ibu hamil dengan keluhan mual dan muntah, jahe juga bisa membantu mengatasinya. Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa konsumsi obat pada masa kehamilan—baik kimia maupun herbal—tak boleh sembarangan. Sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dulu ke dokter kandungan sebelum memilih pengobatan dengan jahe.

  1. Meredakan kram perut saat sedang haid

Konsumsi bubuk jahe sebanyak 500-2.000 mg selama 3-4 hari pertama siklus haid dipercaya bisa meredakan kram perut pada saat haid.

  1. Mengatasi nyeri sendi

Jahe memiliki agen antiinflamasi yang dapat mengatasi nyeri sendi, khususnya pada pasien dengan penyakit degeneratif yang dapat mengakibatkan tulang rawan sendi rusak dan berkembang lambat (osteoartritis). Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe hampir sama dengan mengonsumsi obat antinyeri seperti ibuprofen.

  1. Menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung

Pada sebuah studi tahun 2015, jahe dikatakan memiliki efek anti diabetik yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah sebesar 12 persen jika dikonsumsi 2 gram sehari dalam bentuk bubuk.

Selain itu, hasil pemeriksaan HbA1c menunjukkan terjadinya penurunan sebesar 10 persen dalam 12 minggu. Jahe juga dapat menurunkan rasio ApoB/ApoA-I sebesar 28 persen, yang merupakan salah satu penanda faktor risiko penyakit jantung. Namun, mengenai hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  1. Mencegah kanker

Kandungan 6-gingerol pada jahe dipercaya memiliki efek antikanker. Menurut beberapa penelitian, jahe berkhasiat menurunkan aktivitas molekul pro-inflammatory di dalam usus, sehingga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker kolon (usus). Namun, hal ini masih perlu diteliti kembali.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian menunjukkan, Jahe memiliki efek antioksidan yang dapat menghambat reaksi inflamasi yang terjadi pada otak, sehingga kinerja otak meningkat.

Tak cuma bisa diandalkan untuk melegakan tenggorokan plus efek menenangkannya, manfaat jahe untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Anda bisa menggunakan jahe sebagai alternatif obat . Namun jika penyakit kronis, segera konsultasikan dengan dokter yang memiliki surat ijin praktek agar pelayanan yang anda dapatkan terjamin.

=====

Begitupun juga untuk masalah Orthosis Prothetis, amanahkan kebutuhan Kaki Palsu / Kaki Tiruan / Prostesis Bapak Ibu pada Profesional Ortotis Prostetis yang Memiliki Surat Ijin Praktik (SIPOP) maupun Surat Ijin Kerja (SIKOP).
Sesuai dengan PERMENKES NO 22 TAHUN 2013.

Dengan memiliki SIPOP atau SIKOP, berarti Profesional tersebut benar benar berkompeten dan berwenang karena :
1. Telah menempuh pendidikan formal Ortotik Prostetik D3 maupun Sarjana Terapan.
2. Lolos Uji Kompetensi.
3. Terdaftar secara resmi sebagai Tenaga Kesehatan Republik Indonesia dibuktikan dengan kepemilikan STR.
4. Memiliki tempat praktik maupun tempat kerja untuk melayani Bapak Ibu secara Profesional

Kami siap melayani secara Profesional.
SIPOP : 010/SIPOP/33.11/XI/2017

Konsultasi gratis : 081327721518

Ahli Ortotis Prostetis

Recent Post

Pelukis Cantik Tanpa Tangan

Pelukis Cantik Tanpa Tangan

Wanita cantik ini cacat tanpa kedua lengan sejak lahir. Tetapi kondisi ini tidak membuat dirinya meratapinya dengan kesedihan.Rosie seakan memberi...

read more

Konsultasi Gratis

Silahkan hubungi kami di nomor berikut: 

081327721518