Mbah Min

Kisah Sukses Mbah Min, Seorang Penjahit Disabilitas Pemberdaya Sesama

By

Ngatimin atau lebih dikenal dengan Mbah Min adalah seorang warga Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Dia menjadi sosok difabel yang sukses memberdayakan sesama penyandang disabilitas lewat usaha jahit. Padahal, sebelumnya usaha yang dilakoninya seorang diri berkali-kali bangkrut.

Sehari-hari, laki-laki yang akrab disapa Mbah Min itu membuka usaha jasa jahit Kube Mandiri di rumahnya. Di rumah itu terdapat lima buah mesin jahit. Meski terhitung sedikit, Ia telah melatih 300-an difabel Salatiga untuk bisa menjahit. “Difabel-difabel itu saya koordinasi untuk bekerja menjahit bersama, namun karena sekarang sedang ada wabah, sementara belum beroperasu maksimal,” tutur Mbah Min di rumahnya.

Sembari bergabung dengan LSM, Mbah Min merintis jasa jahit mandiri di kawasan Tingkir, Salatiga. Berbagai produk jahitan sudah pernah dia kerjakan, mulai dari pakaian dalam wanita hingga menjahit kaus. Sayang semua usaha itu harus gulung tikar delapan tahun kemudian. Usaha jahit tidak berjalan maksimal lantaran Mbah Min lebih memilih bergiat di LSM.

Sekitar 2015, Mbah Min mulai fokus pada advokasi kaum difabel di Salatiga. Dengan bantuan Pusat Pengembangan dan Pelatihan Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (PPRBM) Solo, dia mendata ratusan difabel yang ada di Kota Hati Beriman.

====

Amanahkan kebutuhan Kaki Palsu / Kaki Tiruan / Prostesis Bapak Ibu pada Profesional Ortotis Prostetis yang Memiliki Surat Ijin Praktik (SIPOP) maupun Surat Ijin Kerja (SIKOP).
Sesuai dengan PERMENKES NO 22 TAHUN 2013.

Dengan memiliki SIPOP atau SIKOP, berarti Profesional tersebut benar benar berkompeten dan berwenang karena :
1. Telah menempuh pendidikan formal Ortotik Prostetik D3 maupun Sarjana Terapan.
2. Lolos Uji Kompetensi.
3. Terdaftar secara resmi sebagai Tenaga Kesehatan Republik Indonesia dibuktikan dengan kepemilikan STR.
4. Memiliki tempat praktik maupun tempat kerja untuk melayani Bapak Ibu secara Profesional

Kami siap melayani secara Profesional.
SIPOP : 010/SIPOP/33.11/XI/2017

Konsultasi gratis : 081327721518

https://www.ipoedkakipalsu.com/

Tags:

You may also like

Open chat