Ucok Berada di wilayah yang terbilang pelosok dengan akses jalan rusak parah, yakni di Lorong V, lingkungan Siantar Gunung, Kelurahan Hutanabolon, Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, bayi ini, terlahir dengan struktur tubuh tak sempurna.

Ucok, panggilan sementara buah hati pasangan suami istri Hotmasari Mendrofa dan Suryani br Lase. Mengalami cacat pada kedua kaki dan tangannya. Pada kaki kiri memiliki sedikit telapak dan berbentuk pipih, jari-jari hanya berbentuk seperti daging-daging kecil yang muncul dari pangkal kaki. Sementara, kaki sebelah kanan terlihat buntung dan tak mengeluarkan jari-jari sama sekali.

Kondisi berbeda pada bagian tangan, dimana jari dan telapak sebelah kanan memang nyaris sempurna. Hanya jari telunjuk dan jari tengah sedikit menyatu, begitu juga jari manis dan kelingking yang disatukan kulit berbentuk selaput. Sementara itu, tangan sebelah kiri tidak sesempurna bagian kanan. Jari-jari kiri bayi ini tampak kecil-kecil membentuk capit dan tak berfungsi sempurna.

Ucok yang terlahir lahir 19 agustus 2016 lalu atau baru berusia sekitar 3 minggu. Itu agaknya tak semujur bayi seusianya yang seharusnya berada di tempat nyaman dan hangat. Tak ada pilihan, Ucok terpaksa dibawa ibunya, Suryani ke tengah hutan perbukitan sejarak 1 kilometer. Dari rumahnya yang harus ditempuh berjalan kaki di jalan setapak mendaki. Disana, Suryani memang berladang Padi dan Cabai.

Amanahkan kebutuhan Kaki Palsu / Kaki Tiruan / Prostesis Bapak Ibu pada Profesional Ortotis Prostetis yang Memiliki Surat Ijin Praktik (SIPOP) maupun Surat Ijin Kerja (SIKOP).

Sesuai dengan PERMENKES NO 22 TAHUN 2013.

Dengan memiliki SIPOP atau SIKOP, berarti Profesional tersebut benar benar berkompeten dan berwenang karena :

1. Telah menempuh pendidikan formal Ortotik Prostetik D3 maupun Sarjana Terapan.

2. Lolos Uji Kompetensi.

3. Terdaftar secara resmi sebagai Tenaga Kesehatan Republik Indonesia dibuktikan dengan kepemilikan STR.

4. Memiliki tempat praktik maupun tempat kerja untuk melayani Bapak Ibu secara Profesional

Kami siap melayani secara Profesional.

SIPOP : 010/SIPOP/33.11/XI/2017

ipoedkakipalsu.com

Open chat